Kamis, 27 Oktober 2011

Hidup kayak Harvest Moon

Yokohama, Jumat 28 Oktober 2011 (1:44 am)
Selamat malam Indonesia, Selamat Pagi Jepang. Gua tadi udah ketiduran bentar dan secara random kebangun. Jadilah ga jelas dan memutuskan untuk cerita dikit. Jadi, udah 2 jalan 3 bulan gua disini. Dan Alhamdulillah, gua masih sehat dan baik-baik disini. Gua sering banget ngalamin konflik batin disini. Terutama soal temen dan pelajaran di Indonesia (gila, ngos-ngosan dan stress banget soal yang ini -___-)
Di bulan pertama, gua banyak kenal orang baru. Tapi gua lebih consider mereka sebagai “hello-goodbye friends”, ya karena kerjaan mereka emang cuma “ohayou , Ardi!” dan “Ja ne, Ardi! “. Dan di bulan pertama, lu harus percaya kalo jadi sendirian di tengah keramain itu… GA ENAK. Terlebih lagi emang temen-temen disini  kayak punya kelompok bermain (geng) yang bener-bener lebih extreme dari di Smansa.
Disisi lain, mungkin emang salah kalo gua selalu bandingin temen Jepang dan temen Indonesia karena mereka bener-bener berbeda. Tapi maksud ngebandingin disini bukan untuk melihat siapa yang lebih baik/buruk. Ga ada sama sekali maksud itu, gua cuma pengen melihat dari sudut pandang gua aja.
Jadi, mayoritas geng disini tuh berdasarkan ekskul gitu. Mungkin ada yang geng kelas tapi ga begitu banyak, kecuali emang kelasnya solid banget. Ya mereka selalu makan obento (bekel makan siang – mayoritas anak SMA bawa dan makan bareng) di kantin atau di kelas bareng-bareng, baik cwe maupun cwo. Lucu ya? #apanya hahaha
Dan kalo pulang pun, mereka emang udah punya temen pulang bareng karena disini kan mayoritas siswa naik Kereta, Bus, atau Jalan kaki (termasuk gua).  Untuk punya temen pulang bareng, mereka ga segan nelpon temennya dan mastiin untuk pulang bareng. Ya emang kebersamaan disini terjaga banget harmonis nya, tunggu ga salah kan kalo gua bilang ini kebersamaan? Ya, walaupun kadang kadarnya sedikit berlebihan juga.
Nah sekarang coba lihat gua, gua kesini sama sekali ga kenal satu orang pun. SAMA-SEKALI-GAK-KENAL-SATU-ORANG-PUN. Jangankan temen makan siang atau pulang bareng deh, temen ngobrol aja masih bisa diitung pake jari (di bulan pertama) dan dengan topic yang selalu basa-basi. Haha Di bulan pertama juga gua masih gengsi dan malu-malu, gimana engga? Mayoritas mereka ngomong bahasa Jepang dan gua “master” parah dalam bahasa jepang. Wkwkwk jadi bulan pertama, gua Cuma main ama geng bule (anak-anak yang pernah tinggal di English Speaking Country kayak USA, Canada, dll). Gua punya temen jepang, yang terbatas banget.
#lifetips 1 – alangkah baiknya lu menguasai music atau olahraga. Minimal bisa main instrument atau jago dalam olahraga apa gitu, karena itu ngebuat lu banyak temen. #hipotesisArdi
Buat periode pertama (2bulan), gua milih kelas bulutangkis di pelajaran olahraga. Awalnya gua mau coba judo, tapi pas gua liat anak-anaknya yang badannya 2 kali lebih gede dari gua, dan gua cuma sebahu mereka. Serem dan Ngakak gua kalo inget itu… karena murni itu yang ngebuat gua ngambil bulutangkis. HAHAHA di bulutangkis, gua gamau malu-maluin Indonesia dong. Jadi gua berjuang bagaikan mau merebut piala Thomas #berlebihan #maaf. Dan gua udah ngalahin semua temen-temen gua disini (akhir-akhir ini gua dikalahin 2 orang yang lain, sial), dan mereka mulai ngomong ama gua. Terus setiap orang yang ngajak gua kenalan pasti sok-sok ngomongin bulutangkis gitu. See? #lifetips1 terbukti kan? Dan itu cara gua mencari teman disini.
Di bulan ke-2 ini, gua udah mulai ga gengsi dan ga malu-malu lagi. Malah cenderung malu-maluin. Gua udah sok asik bagaikan hidup di dunia Harvest Moon yang tiba-tiba nyamperin orang secara random dan ngajak kenalan.  Terus tiap malem gua dan Hostmom selalu bikin semacam script untuk gua omongin ama temen gua besok (maaf ya ini fail banget hahaha). Jadi gua nulis pake bahasa Inggris tentang dialog yang bakal gua omongin, dan hostmom gua translate ke bahasa jepang. Dan besoknya gua praktekin ama temen gua. Ya walaupun gua Cuma bisa bales “sekena nya” dan kalo gua udah gatau biasanya gua senyum aja atau sok-sok “haik , haik, so da yo” gitu #failbanget
Dan selanjutnya, yang ngebuat hidup gua bagaikan harvestmoon adalah gua udah pernah nyasar gara-gara sok-sok jogging di sore menjelang malam hari. Dan gua gatau jalan pulang. (ini lebih bego dari harvestmoon sih) hahaha. Nyasarnya sampe 2 stasiun dari tempat gua tinggal -_- terus pas gua SMP dan main harvest moon gua namain ayam/kuda/anjing/ apa sapi gua gitu… namanya Shunsuke. Dan ternyata disini gua kenal ama yang namanya Shunsuke dan gua udah sering pulang bareng dia. HAHAHA well, siapa yang tahu nama ayam harvestmoon lu bakal jadi temen lu di masa depan? Wkwk
Geng-geng disini masih dan akan selalu ada. Gua bakal jadi orang yang mencoba untuk masuk ke berbagai lingkungan. Karena masih sekitar 3-4 bulan lagi gua disini, gua jauh lebih tertarik ama pemikiran dan gaya hidup orang sini.  Semangatlah……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar