Jumat, 29 Juli 2011

random thought

oke, ini postingan gua. mau cerita tentang pembagian rapot di sekolah. sebut saja sekolah gua adalah SMA X di kota Y. (maka integral x + y dt adalah...) ya itulah..

sekarang gua baru beberapa bulan jadi anak kelas 3, ga seseru yang gua kira. tapi ternyata lumayan deg-degan juga yah -____- nah kemarin pas bagi rapot smst 2, gua seneng sekaligus kaget. seneng karena nilai rapot ternyata ga buruk2 amat. dan kaget...

nah, lu pada tau kan kalo sistem penerimaan mahasiswa itu ada yang namanya melalui jalur undangan? disitu dipake nilai dari smst 1 - 5. tahun ini kakak2 kelas gua terbilang sukses, yang masuk ITB melalui undangan juga banyak. gua sangat salut ama kakak2 yang udah pada kuliah sekarang. oke, sebenernya mau gua tekanin disini adalah nilai-nilai gua yang mendadak naik banget. setelah awalnya turun banget.

mungkin beberapa nilai yang ada terkesan "didongkrak" walaupun masih ada juga nilai nilai yang mengalami peningkatan karena usaha kita. tapi, gua bakalan kecewa kalo misalnya ini cuma strategi sekolah untuk memudahkan alumnus nya diterima di PTN.(ini murni intuisi dan pendapat gua dan teman-teman, tapi gatau kenyataannya gimana).
ga dipungkiri sih, gua dan temen-temen gua sebagai pihak yang jelas diuntungkan dengan adanya ini. tapi kenapa ga bertindak profesional aja? tulis aja nilai yang tertera dengan seadil mungkin.

gila, ga kebayang kalo misalnya semua sekolah berpikiran sama untuk mengkatrol nilai-nilai yang ada. apa jadinya? kalo pendidikan emang buat meningkatkan taraf hidup dan kualitas individu. jadinya sangat kontradiktif kan dengan fenomena yang kayak gini? pikirin dengan ruang lingkup yang lebih luas. mutu pendidikan kita bisa aja turun loh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar